Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan - Belakangan buah duku menjadi sangat populer, karena dipinggir jalan - jalan kota banyak bertebaran para penjual buah duku yang katanya manis dan legit. Lantas apakah anda sudah mengenal apa itu buah duku? Duku adalah jenis buah - buahan dari anggota Meliaceae, buahnya berbentuk bulat kecil, berisikat 4-7 daging buah dan diselimuti kulit yang mengandung getah. Pada masa panen dalam satu buah pohon duku dapat menghasilkan ribuan buah duku, dalam satu ranting saja bisa terdapat puluhan buah duku. Pohonnya berukuran sedang, tingginya bisa mencapai 20-30meter dengan diameter 1meter lebih dengan umur pohon puluhan tahun.

Buah yang kecil ini biasanya digunakan sebagai buah pencuci mulut, namun tidak hanya itu manfaat buah duku juga dapat digunakan sebagai bahan baku olahan selai, sirup, isian puding dan lain - lain. Buah duku yang masih mentah memiliki warna kulit kehijauan dengan rasa yang masam, namun ketika warna kulit telah menjadi kuning itu tandanya bahwa buah duku sudah dalam keaadaan matang dengan rasa yang manis dan siap dipanen. Namun ada juga yang beranggapan bahwa buah duku memiliki rasa yang pahit, padahal rasa pahit itu berasal dari getah kulit yang menempel pada daging buah atau tangan dan tidak sengaja terkonsumsi.

Duku masih merupakan buah yang belum banyak dimanfaatkan dalam dunia kesehatan. Sebenarnya buah duku memiliki beberapa senyawa baik yang dapat menjaga kesehatan tubuh, seperti vitamin C yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh serta macam - macam senyawa lainnya. Untuk lebih jelas tentang apa saja manfaatnya, berikut adalah ulasan mengenai manfaat buah duku bagi kesehatan
manfaat buah duku bagi kesehatan


1. Melancarkan Pencernaan
Buah duku mengandung serat yang cukup tinggi. Serat dalam tubuh bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dari berbagai macam radikal bebas yang ada.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Buah duku mengandung vitamin C yang dikenal sebagai antioksidan, antioksidan sendiri merupakan sebuah nutrisi yang berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap stabil. Kandungan vitamin yang tinggi juga terdapat dibeberapa buah lain seperti buah kiwi, buah sirsak, buah strawberry dan lain - lain.

3. Mencegah Penuaan Dini
Salah satu faktor penyebab terjadinya penuaan dini adalah radikal bebas. Seperti yang kita ketahui radikal bebas dapat kita cegah dengan banyak - banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan serta vitamin C yang cukup.

4. Menguatkan Gigi
Buah duku juga bermanfaat baik bagi kesehatan gigi, khususnya menguatkan gigi. Hal ini disebabkan oleh kandungan fosfor pada buah duku.

5. Menurunkan Berat Badan
Buah duku dipercaya juga dapat membantu menurunkan berat badan tubuh. Buah duku akan membantu tubuh untuk medapatkan carnitine. Carnitine akan mengarahkan lemak kesebuah jaringan pembakaran lemak.

6.Mengatasi Diare dan Demam
Buah duku efektif digunakan sebagai obat untuk mengatasi sakit diare dan demam. Caranya cukup mudah dengan menghaluskan biji duku, dicampur dengan air lalu diminum satu kali dalam sehari.

7. Mengobati Masalah Kulit
Tidak hanya daging buahnya jaga yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Ternyata kulit buah duku juga dapat berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit, caranya hanya dengan mengoleskan kulit buah kebagian kulit yang bermasalah, semisal gatal atau jerawat.

Buah duku hanya dapat berbuah setahun sekali atau dapat kita sebut sebagai buah musiman. Hal ini menyebabkan buah duku tidak bisa didapatkan setiap saat baik ditoko - toko buah sekalipun karena keterbatasan stock. Namun anda tidak perlu khawatir, anda dapat mengalihkan pilihan kebeberapa buah lain yang juga memiliki manfaat yang sama.

Demikian informasi yang dapat disampaikan mengenai manfaat buah duku bagi kesehatan. Untuk beberapa ulasan manfaat buah lainnya, dapat anda baca di manfaat buahhero.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan"

Post a Comment