Khasiat dan Manfaat Buah Kiwi

Khasiat dan Manfaat Buah Kiwi - Pasti anda penasaran akan apa manfaat yang didapat ketika mengkonsumsi buah kiwi. Kiwi merupakan buah sejenis beri dengan kelompok kultivar dari pohon anggur. Tapi sebelum membahas lebih dalam tentang manfaat kiwi, apakah anda sudah mengetahui bentuk dari buah ini? Buah kiwi normal berbentuk oval sebesar telur ayam, buah ini kaya serat berwarna hijau kecoklatan dan daging buah berwarna hijau keemasan dengan biji - biji kecil berwarna hitam yang dapat dimakan. Tekstur buah ini halus serta rasanya yang unik, saat ini buah kiwi telah dibudidayakan diberbagai negara.

Buah kiwi merupakan salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan tubuh. Namun sayangnya buah ini belum begitu populer bagi masyarakat Indonesia karena buah ini tergolong buah yang mahal. Faktor lainnya yang mempengaruhi mahalnya buah ini adalah keterbatasan stock , minimnya stock buah kiwi dari pembudidaya sangat mempengarui harga dipasaran. Namun apakah harga yang mahal berimbang dengan manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh, hal ini juga mungkin dapat mempengaruhi daya jual buah kiwi itu sendiri. Tetapi sebagaimana buah pasti mengandung manfaat bagi kesehatan, entah itu banyak maupun sedikit.

Kembali berbicara mengenai buah kiwi, ada beberapa kandungan zat dari buah tersebut yang baik bagi tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Zespri Health Science Reseacrh menyatakan buah ini kaya akan vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C pada buah kiwi lebih banyak dari buah jeruk yang disebut - sebut sebagai sumber vitamin C terbaik. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C pada buah kiwi juga bersifat antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi. Untuk manfaat lainnya akan kita ulas lebih lanjut di khasiat dan manfaat buah kiwi.
khasiat dan manfaat buah kiwi


1. Mecegah Penyakit Kardiovaskular
Studi yang dilakukan para pakar kesehatan menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi 2-3 buah kiwi tiap hari dapat membantu pengencerah darah, mengurangi pembekuan darah dan menurunkan kadar lemak sehingga dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

2. Mencegah Kanker
Mengkonsumsi buah kiwi emas setiap hari akan memberikan perbaikan hampir dua kali lipat sel DNA. Ini adalah jenis gangguan genetik yang bertanggung jawab pada kanker.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitar Oslo di Norwegia menyatakan dengan mengkonsumsi buah kiwi 2-3 buah setiap hari dapat membantu mengencerkan darah, mengurangi pembekuan serta menurunkan kadar lemak dalam tubuh sebesar 15%.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin C pada buah kiwi yang tinggi dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sama seperti manfaat buah strawberry yang juga berasal dari vitamin C.

5. Menjaga Kesehatan Mata
Kadar karotenoid pada buah kiwi dapat membantu menjaga mata dari serangan radikal bebas agar tetap sehat. Serta ditambah dengan mengkonsumsi buah lain seperti buah nangka yang juga dapat mencegah masalah mata tersebut.

6. Melindungi Kerusakan DNA
Sebuah studi yang dilakukan Collins, Horska dan Hotten bahwa kombinasi unik antioksidan buah kiwi dapat membantu melindungi DNA dari kerusakan sel oksidatif.

7. Baik Untuk Pencernaan
Buah kiwi juga mengandung serat cukup tinggi yang dapat membantu melncarkan proses pencernaan dalam organ tubuh. Serat kiwi juga telah diteliti mampu membantu membersihkan sistem pencernaan.

Buah kiwi mengandung senyawa oksalat, zat yang terjadi secara alami dibanyak tanaman dan hewan. Ketika oksalat menjadi terlalu terkonsentrasi pada tubuh, maka dapat menyebabkan terjadinya pengkristalan dan menimbulkan gangguan masalah. Orang - orang dengan penyakit gindal dan kandung empedu disarankan untuk menghindari buah kiwi.

Nah itulah manfaat yang akan didapat ketika kita mengkonsumsi buah kiwi. Semoga informasi yang tersampai kan mengenai khasiat dan manfaat buah kiwi dapat menambah wawasan anda mengenai berbagai macam manfaat buah. Untuk mengetahui manfaat buah lainnya anda dapat membacanya di manfaat buahhero.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat dan Manfaat Buah Kiwi"

Post a Comment