Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan - Siapa yang tidak mengenal buah nangka, buah yang memiliki banyak daging tebal  dan memiliki warna kuning ketika matang ini sangat populer di Indonesia. Buah nangka memiliki bau yang khas dan rasanya yang manis serta banyak mengandung air. Ketika masih dalam keadaan mentah buah nangka biasa disebut gori, masyarakat Indonesia sering memanfaatkan gori sebagai bahan makanan sebagai sayuran. Buah nangka atau gori dipercaya berasal dari daerah India dan perkembangannya buah ini telah menyebar keberbagai belahan dunia lainnya.

Pohon nangka umumnya berukuran sedang, tinggi sampai sekitar 20-30meter dan diameter lebar batang pohon biasa mencapai 0,5-1meter. Tajuknya padat dan lebat, melebar dan membulat apabila ditempat terbuka. Ciri khas nangka atau gori adalah getah, hampir semua bagian pohon hingga buah terdapat getah yang cukup lengket. Namun dengan adanya  begitu banyak getah pada nangka tidak mempengaruhi pemanfaatan buah nangka manis ini diberbagai sisi. Buah nangka sangat nikmat dikonsumsi selagi segar, cara mengkonsumsi nangka di Indonesia sangat banyak, misalnya anda dapat mencapurnya menjadi olahan roti, menjadikannya bagian dari es buah, es campur, atau jus nangka serta berbagai olahan manisan dan lain-lain.


Buah nangka hampir sama dengan buah durian, keduanya sama - sama memiliki ciri khas bau yang sangat unik, khas serta menyengat. Buah nangka sudah sejak lama digunakan sebagai salah bahan pangan alternatif dibeberapa negara seperti Sri Lanka, Bangladesh, India serta negara lainnya. Selain banyak dikonsumsi ternyata nangka merupakan sumber vitamin A, vitamin C, thiamin, kalium, kalsium, riboflavin, zat besi, niasin dan seng. Buah nangka juga memiliki serat yang rendah kalori sehingga baik bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat buah nangka bagi kesehatan.
manfaat buah nangka bagi kesehatan


1. Mencegah Kanker
Banyaknya manfaat antioksidan bagi kesehatan, contohnya antioksidan pada buah mangga yang juga dapat mencegah kanker. Hal ini serupa dengan nangka yang mengandung antioksidan serta antikanker seperti senyawa isoflavon, lignan dan sapanon yang dapat mencegah timbulnya sel - sel kanker, selain itu kandungan fitonutrein yang ada dalam nangka dapat digunakan untuk mencegah radikal bebas.

2. Mencegah Anemia
Nangka adalah sumber dari kandungan zat besi, bahkan lebih besar dari berbagai macam sayuran hijau lainnya. Kandungan zat besi tersebut sangat efektif untuk menaikan kadar sel darah merah, sehingga kebutuhan sel darah merah tetap terpenuhi. Mengingat sel darah merah yang penting, karena ketika tubuh kekurangan sel darah merah maka akan berakibat pusing dan tubuh melemah.

3. Melancarkan Pencernaan
Buah nangka mengandung serat yang cukup tinggi, serat pada buah nangka bermanfaat bagi kesehatan organ pencernaan. Serta ditambah dengan beberapa buah lain seperti buah pepaya, buah sirsak dan yang lain sehingga kesehatan organ pencernaan menjadi maksimal.

4. Mencegah Masalah Mata
Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa buah nangka merupakan salah satu buah sumber vitamin A. Vitamin A memiliki banyak sekali manfaat seperti mencegah masalah kesehatan mata yang disebabkan oleh bertambahnya usia.

5. Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Buah nangka mengandung kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaganya tetap stabil. Mengingat penyakit darah tinggi adalah sumber dari berbagai macam penyakit lainnya, untuk itu tubuh harus tetap dijaga setiap saat.

6. Memperkuat Tulang
Tulang adalah pondasi utama tubuh, selayaknya bangunan yang kuat kita harus menjaga pondasinya agar tetap kokoh. Untuk menjaga tulang tetap kokoh, solusinya dengan mengkonsumsi buah nangka. Nangka mengandung magnessium yang dapat menyerap kandungan kalsium pada tubuh. Hal ini dapat memperkuat tulang serta menjaga kesehatannya.

7. Sumber Energi
Sumber energi yang satu ini berasal dari gula, buah nangka mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa yang memberikan dorongan energi ketika dibutuhkan tubuh.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, buah nangka juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi buah nangka serta turut diimbangi dengan berbagai buah lainnya akan dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Demikian informasi mengenai manfaat buah nangka bagi kesehatan. Untuk beberapa menfaat buah lainnya dapat anda baca di manfaat buahhero.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan"

Post a Comment