Inilah Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

Inilah Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan - Mangga merupakan buah yang dihasilkan dari pohon mangga yang memiliki nama latin Marga Mangifera . Tanaman mangga diyakini berasal dari daerah India, tepatnya disekitar dataran Himalaya. Mayoritas masyarakat India gemar mengkonsumsi buah ini, apa lagi jika daerah mereka sedang mengalami masa paceklik (sudah makan dan minum) . Buah mangga sudah cukup lama dijadikan salah satu bahan makanan masyarakat India, hal ini dikarenakan mudahnya tanaman ini dibudidayakan sehingga dapat mencukupi kebutuhan ketika datang masa panen.

Mangga juga merupakan salah satu buah primadona bagi lapisan masyarakat Indonesia, khususnya didaerah pulau jawa. Pohon mangga banyak tumbuh subur didaerah jawa, bahkan setiap sudat rumah atau lahan kosong sering kali kita jumpai pohon ini. Di Indonesia manfaat buah mangga sangat mudah untuk kita dapatkan tanpa susah payah untuk mencari dan mengolahnya, hal ini karena di Indonesia banyak produk berupa makanan maupun minuman berbahan baku mangga mudah didapat. Dari sisi lain memang buah mangga memiliki banyak kandungan baik yang sanggup menyehatkan tubuh, serta ditambah rasanya yang manis.

Mangga mengandung beberapa manfaat bagi kesehatan, kandungan senyawa baik dalam buah mangga juga cukup banyak. Beberapa rincian kandungan gizi yang terdapat pada satu cangkir buah mangga yang dipotong dadu, mengandung 100 kalori, 1g protein, 0,5g lemak, 25g karbohidrat, kandungan vitamin C 100%, vitamin A 25%, folat, vitamin B6, vitamin K dan potasium serta beberapa mineral seperti tembaga, kalsium, zat besi dan antioksidan. Sejumlah kandungan senyawa baik yang terdapat pada buah mangga juga dapat digunakan bagi perawatan kecantikan serta menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu kita akan membahas mengenai inilah manfaat buah mangga bagi kesehatan.
inilah manfaat buah mangga bagi kesehatan


1. Mengurangi Diabetes
Buah mangga memiliki kandungan glikemik yang rendah sekitar 41-60, jadi tidak akan masalah jika buah ini dikonsumsi setiap harinya tanpa ragu kadar gula akan meningkat.

2. Pencegah Degenerasi Makula
Zat antioksidan zeaxanthin yang terdapat pada buah mangga berperan untuk menproteksi kerusakan dari degenerasi makula dan menjaga kesehatan mata. 

3. Mencegah Penyakit Jantung
Kandungan serat, kalium serta beberapa vitamin pada buah mangga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ jantung. Serta menyetabilkan asupan kalsium dan natrium sangat baik bagi kesehatan tubuh.

4. Pencegahan Kanker
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan antioksidan pada buah mangga dapat mencegah terjadinya kanker usus, payudara, leukimia dan prostat. Manfaat bauh mangga satu ini sama dengan manfaat buah tomat yang juga dapat mencegah tumbuhnya sel - sel kanker.

5. Menyehatkan Tulang
Kalsium yang cukup banyak terdapat pada buah mangga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

6. Menjaga Kesehatan Mata
Mata merupakan salah satu organ penting bagi manusia, karena segala sumber informasi banyak yang kita dapatkan melalui mata. Kandungan vitamin pada buah mangga yang dipotong dadu sekitar satu cangkir adalah 25%, hal ini sangat bermanfaat bagi organ mata dalam menjaga kesehatan organ tersebut.

7. Mencegah Asma
Mengkonsumsi banyak nutrisi dapat mengurangi dan mencegah terjadinya penyakit asma. Kandungan nutrisi yang cukup banyak pada buah mangga juga dapat membantu hal tersebut.

Bagaimanapun  manfaat buah mangga ini harus diasupan gizi dan pola makan yang teratur. Dengan mengkombinasikan mangga dengan beberapa buah lain serta sayur mayur agar asupan gizi yang kita dapat maksimal sehingga akan meningkatkan proses kesehatan anda dengan baik.

Demikian informasi mengenai inilah manfaat buah mangga bagi kesehatan. Untuk beberapa manfaat buah lainnya anda dapat sedikit menjelahi manfaat buah hero.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Inilah Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan "

  1. Aku mau diet, tapi diet nya pake buah mangga. bisa nggak sih mas ? kalau bisa, gimana yah caranya ? tolong penjelasannya mas. :)

    http://www.jenistanaman.com

    ReplyDelete