Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan - Buah tomat sudah tidak asing lagi bagi lapisan masyarakat Indonesia. Buah tomat sudah merupakan salah satu bahan pokok makanan yang sangat digemari di Indonesia. Tomat merupakan tanaman dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asal Amerika Tengah, Selatan dan Meksiko. Tanaman ini sangat cocok dikembangkan diwilayah yang memiliki iklim tropis , dan sudah banyak dijumpai di Indonesia para petani yang membudidayakan tanaman tomat ini. Tomat sendiri merupakan tanaman yang mempunyai siklus hidup yang cukup pendek dan memiliki tinggi pohon maksimal mencapai 3-5meter.

Berbicara mengenai tomat, tomat di Indonesia memiliki berbagai kegunaan terutama dalam hal pangan. Biasanya tomat dapat kita jumpai di olahan khas Indonesia berupa sambel, lalapan dan kuliner lainnya serta minuman berbentuk jus dari tomat juga dapat kita temukan dengan mudah. Namun apakah kita sudah mengerti akan kandungan dan manfaat buah tomat bagi kesehatan? Buah tomat sejak dulu sudah dipercaya memiliki beberapa khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh dan sebagai sarana merawat kecantikan tubuh. Bahkan kini sudah banyak produsen, baik produsen makanan ataupun produsen kecantikan yang menggunakan bahan utama tomat sebagai bahan utamanya dan memanjakan konsumennya dengan berbagai manfaat yang terkandung didalam buah tomat ini.

Di balik manfaatnya yang cukup banyak, tomat adalah salah satu buah yang relatif cukup murah dipasaran. Sehingga tidak heran bahwa tomat selalu dapat kita jumpai didapur maupun didalam kulkas rumah kita. Meskipun harganya murah namun tomat juga mengandung banyak nutrisi kan senyawa yang baik bagi tubuh. Berdasarkan faktanya, buah tomat merupakan sumber vitamin A, C, vitamin K, kalium, folat, thiamin, vitamin B6, magnessium, fosfor, tembaga serta rendah sodium. Berbagai macam kandungan zat baik itulah yang menjadikan tomat menjadi salah satu buah yang wajib dikonsumsi setiap hari. Melihat begitu banyak nutrisi dan mineral pada tomat, tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Untuk itu kali ini kita akan membahas mengenai manfaat buah tomat bagi kesehatan .
manfaat buah tomat bagi kesehatan


1. Mencegah Resiko Kanker
Studi tentang kanker menyatakan bahwa tomat yang dikombinasikan dengan manfaat brokoli dapat membantu mengurangi dan menjegah kanker. Dalam studi tersebut mendapatkan bahwa kanker prostat tumbuh lebih lambat pada tikus yang mengkonsumsi tomat serta bubuk brokoli dari pada tikus yang diberi kandungan likopen.

2. Meningkatkan Kemampuan Mata
Tomat mengandung anti-oksidan yang cukup banyak seperti betakaroten, betarokten bertanggung jawab pada fungsi vitamin A pada tubuh. Vitamin A yang terdapat pada buah tomat dapat meningkatkan kemampuan penglihatan dan membantu mencegah rabun senja, hal ini sama dengan kandungan manfaat buah jambu biji.

3. Memperbanyak ASI
Sebuah penelitian menyatakan bahwa tomat yang telah dimasak akan memberikan hasil yang lebih baik. Salah satunya pada produk saos tomat yang dapat meningkatkan konsentrasi likopen dalam ASI dari pada tomat segar.

4. Menurunkan Berat Badan
Dengan mengkonsumsi buah tomat secara teratur setiap harinya dengan membuatnya menjadi berbagai bentuk makanan yang nikmat seperti salad, sandwich, sambal akan dapat membantu anda yang sedang dalam proses diet. Hal ini disebabkan karena tomat mengandung banyak serat serta air yang baik bagi kelancaran pencernaan dan tubuh anda.

5. Mengurangi Rasa Sakit
Jika anda sering mengalami gangguan seperti rasa nyeri dan linu, tomat dapat mengtasi dengan mengurangi rasa sakit tersebut. Kandungan bioflavonoid dan karotenoid, merupakan salah satu zat anti-inflamasi yang mengatasi peradangan. Kandungan zat anti-inflamasi juga banyak terdapat pada buah delima dan buah alpukat.

6. Menjaga Kesehatan Jantung
Mengkonsumsi tomat secara teratur juga dapat meningkatkan kesehatan organ jatung kita. Kandungan potassium serta beberapa kandungan pendukung lainnya yang sangat baik menjaga kesehatan jantung.

7. Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Manfaat yang hampir sama ketika mengkonsumsi buah mengkudu, yaitu menurunkan tekanan darah tinggi. Mengurangi sodium merupakan hal yang baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi, namun meningkatkan asupan potasium sangat penting untuk mengurangi dan mencegah tekanan darah tinggi.

Tomat yang biasanya digunakan dalam masakan khas Indonesia ternyata mengandung banyak manfaat. Selain beberapa manfaat yang tertulis diatas, masih banyak beberapa manfaat yang belum sempat saya sampaikan, untuk lebih lanjutnya anda dapat membacanya dibeberapa buku tentang kesehatan.

Demikian infromasi mengenai manfaat buah tomat bagi kesehatan yang telah disampaikan diatas, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan jangan lupa untuk membaca beberapa artikel mengenai manfaat buah lainnya yang harus anda ketahui di manfaat buah hero tentunya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan"

Post a Comment