Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan - Rambutan adalah buah tropis yang tergolong dalam anggota lerak - lerakan, berasal dari daerah Asia Tenggara. Kenapa buah ini dinamakan Rambutan? jelasnya kata rambut adalah salah satu bagian dari tubuh manusia yang diibaratkan sebagai mahkota. Namun pengguaan kata rambut pada buah ini tidak memiliki arti bahwa terdapat rambut seperti halnya manusia, hanya sedikit sama karena memiliki kulit buah yang berbentuk seperti rambut. Inilah salah satu faktor yang menjadikan buah ini menjadi unik, seperti buah lainnya yang berbentuk unik semisal buah belimbing, buah durian dan lain - lain.

Rambutan memiliki ukuran buah yang kecil, hanya sebesar bola ping - pong umumnya. Namun satu pohon rambutan dapat menghasilkan ratusan buah rambutan sekali panen. Pada umumnya rambutan akan berwarna merah ketika sudah memasuki masa matang tapi ada beberapa jenis buah rambutan yang ketika matang hanya berwarna hijau keemasan, dan ada juga saat warna kulit masih berwarna hijau sudah memiliki rasa yang manis. Berbagai macam varian buah rambutan dapat kita jumpai di Indonesia, yang merupakan habitat strategis pohon rambutan untuk tetap hidup.

Berbicara mengenai manfaat buah rambutan, terlebih dahulu kita harus mengetahui kandungan apa saja yang terdapat pada daging buahnya. Dalam daging buah rambutan ternyata mengandung senyawa penting seperti vitamin C, fosfor, zat besi, protein, karbohidrat, kalsium serta beberapa kandungan lainnya. Hal itu pada buah rambutan adalah kandungan zat besi, kandungan zat besi yang cukup pada buah rambutan dapat mengontrol kadar oksigen dan mencegah anemia. Selain itu apa saja manfaat buah rambutan akan kita ulas di manfaat buah rambutan untuk kesehatan.
manfaat buah rambutan untuk kesehatan


1. Mencegah Kanker
Buah rambutan bermanfaat untuk mencegah timbulnya sel - sel kanker. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan para ahli kesehatan di Thailand mengungkapkan bahwa kulit, biji serta daging buah rambutan mengandung antioksidan yang tinggi berupa flavonoid. Flavonoid berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol, mencegah peradangan serta mencegah kanker.

2. Mencegah Anemia
Anemia atau kekurangan darah bisa disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam tubuh. Masalah tersebut dapat diatas dengan mengkonsumsi buah rambutan yang mengandung cukup tinggi zat besi.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan tembaga pada buah rambutan bermanfaat besar dapat pembuatan sel darah putih. Sel darah putih inilah yang berfungsi melawan berbagai virus, kuman serta bakteri yang dapat membahayakan tubuh. Dan ditambah dengan kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dapat juga menjaga sistem imun tubuh.

4. Menurunkan Demam
Jika anak anda sedang mengalami demam, obat alternatif untuk menurunkan demamnya dalah dengan meminum air rebusan kulit rambutan. Cukup bersihkan kulit rambutan dan rebus dengan 3 gelas air.

5. Mengobati Kencing Manis
Ada alternatif selanjutnya jika anda terkena penyakit kencing manis. Anda dapat menyisihkan biji rambutan lalu mengeringkannya. Setelah itu tumbuh hingga halus dan seduh dengan segelas air panas, lalu diminum.

Selain manfaat yang tertera diatas, sebenarnya buah rambutan masih memiliki banyak manfaat lainnya seperti mengobati sariawan, mengobati penyakit disentri dan lain sebagainya. Dan tidak hanya daging buahnya saja yang berguna, kulit serta bijinya pun dapat bermanfaat karena mengandung senyawa - senyawa tertentu.

Demikian beberapa informasi mengenai manfaat buah rambutan untuk kesehatan, semoga dapat menambah wawasan anda mengenai buah rambutan. Untuk beberapa manfaat buah lainnya anda dapat membacanya di manfaat buahhero.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan"

Post a Comment